Craig Mullins mengajarkan cara ini: Kamu otak-atik sebuah foto dengan mencoret, memotong, menempel secara acak dan abstrak sampai muncul bentuk yang membuatmu berpikir, "Aha, gambar ini tanpak seperti seekor kuda." Atau bentuk apapun. Lukisan di atas juga aku bikin dengan siasat si Mullins. Aku mengambil gambar lama, sebuah foto yang aku jepret tahun lalu saat terjadi kebakaran gubuk di kampungku di Lamongan. Gubuk itu menyimpan banyak jerami, yang tentunya rentan dengan api. 


Saat memandang-mandangi tumpukan jerami dalam foto, aku punya persepsi lain. Dan inspirasi itu muncul: Kenapa tidak aku ubah jerami itu menjadi monster? 

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama. Ambil fotomu dan otak-atik di Photoshop atau di aplikasi melukis di ponselmu, dan temukanlah bentuk baru dari foto itu. Lalu lanjutkan bentuk itu menjadi yang kamu inginkan, mungkin seekor naga, mungkin robot luar angkasa, dan sebagainya.

Selamat melukis.


0 comments: