Klik untuk tampilan penuh
Sudah lima bulan aku libur melukis; jariku kaku; dan sekarang instingku lemah, tak lagi sensitif pada value. Beberapa waktu lalu ketika browsing YouTube, aku menemukan video ulasan tentang ArtFlow, aplikasi lukis yang kupikir terbaik di platform Android.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, gratis dan pro. Tapi Play Store maupun Blackmart menyediakan satu free version saja. Untuk pindah ke pro, kamu bisa beli dari dalam aplikasi lewat akun Google. 

Aku pernah install Clover Paint sebelumnya namun kurang puas dengan navigasi kanvasnya yang ruwet. ArtFlow didesain lebih simple dari Clover tapi lebih kaya dalam fitur, juga lebih ringan. Jika kamu pakai versi gratis ArtFlow, kamu diperbolehkan membuat maksimal dua layer dan dibatasi pilihan kuasnya, sementara versi pro memberikan tujuh hingga 11 layer dan 70 lebih jenis kuas.

Versi pro ArtFlow menyimpan hasil lukismu dalam file PSD, jadi kamu bisa lanjut lukisan itu di Photoshop jika kurang puas dengan hasil ponselmu. ArtFlow ditujukan awalnya untuk tablet, tapi ia tampil tanpa masalah di ponsel Androidku yang hanya 4,3 inci.

Gambar di atas adalah lukisan selfie diriku sendiri yang kubikin di ArtFlow versi gratis dan kutuntaskan di Autodesk Sketchbook. 

0 comments: